12 Jenis – jenis Iklan Online

Apa itu Iklan Online?

Iklan Online adalah Iklan yang dipromosikan melalui jaringan Internet, sedankan toko online adalah arana tempat berbelanja jual beli yang didalamnya berisi iklan yang menawarkan produk dan jasa. Situs website salah satu tempat yang dijadikan sebagai toko online.

Berikut ini ada 12 jenis iklan online:

1. Direct Advertising

Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.

Analisa:
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog. Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog hanya blog yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi, artinya blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering banyak dilihat pengunjung.

Format iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan teks dan iklan gambar / banner.
Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan si pemilik media (blog).

Kelebihan
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini cukup praktis hanya dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target konsumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual kaos football pada situs/blog komunitas pecinta bola dan jika kita memasang iklan dalam situs web atau blog penyedia jasa iklan yang trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar iklan kita juga banyak pengunjunga yang melihatnya.

Kekurangannya
Sedangkan kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik, untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.

Contoh Direct Advertising

Direct Adver 1

2. Self-service Advertising

Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords

Analisa

Biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.

Kelebihan

Dalam memasaang iklan kita bisa lebih leluasa mengatur sesuai keinginan baik isi kontennya maupun posisi tataletak, semua diatur oleh si pemasang iklan sendiri. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tayang di Televisi harus bayar per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.

Kekurangan

Pada kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian khusus sesuai program situs penyedia iklan tersebut karena untuk menggunakan fasilitas iklan kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga dibuthkan kreatifitas pada konten maupun penempatan agar menarik perhatian konsumen. Jenis iklan ini kurang efektif karena tidak mentargetkan pada konsumen secara khusus sehingga dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat sebagai kata kunci pada mesin pencari google karena secara umum akan muncul banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama.

Contoh Self-service Advertising

Self-service Advertising-google adwords

3. Ad Networks

Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.

Kelebihan

kelebihan memasang iklan yang berasal dari ad network atau jaringan iklan online adalah Anda bisa fokus menulis artikel yang berkualitas tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau memasang iklan di blog Anda. Kalau traffic blog Anda masih rendah tentu saja tidak ada orang yang mau memasang iklan di blog Anda. Dengan bergabung di jaringan iklan, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun tentu saja, Anda tetap harus memiliki traffic blog yang tinggi agar pendapatan iklan Anda semakin tinggi.

Kekurangan

Memasang iklan dari ad network atau jaringan iklan tentu juga memiliki kekurangan, yaitu jaringan iklan memiliki peraturan dalam pemasangan iklan yang harus Anda ikuti. Hal ini tentu saja mengurangi kebebasan Anda dalam memasang iklan. Anda juga tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja yang mau Anda tampilkan di blog atau website Anda.

4. Contextual Advertising

Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

Analisis

Iklan jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung yang benar-benar tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil promosi anda lebih terarah sesuai target yang dikehendaki.

Maksudnya iklan kita akan di respon hanya pengunjung yang tertarik saja, sehingga penempatan iklan juga harus di publish yang strategis seperti pada situs web dengan trafik rank cukup tinggi.sistem pembayaran yaitu apabila ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.

Kelebihan

kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini posisi iklan sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang dipromosikan, sehingga pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan lebih banyak melihat iklan tersebut.  Pembayaran iklan murah karena diambil hitungan per klik dai para pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per klik harganya Rp.500 Jika kita hanya mempunyai dana untuk Iklan sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita sudah dapat 200 kali klik oleh para pengunjung. Cukup lumayan murah dan efisien.

Kekurangan

Karena dipilih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.

Contoh Contextual Advertising

5. Twitter Advertising

Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad

Analisa

Jenis Iklan ini yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek seperti sebuah link untuk di klik dan dikunjungi pada situs yang disarankan, dan juga seperti rangkaian kalimat promosi hanya bagian penting saja seperti nama produk, sample produk dalam bentuk gambar, harga, alamat toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi langsung kepada pemilik iklan tersebut.

Kelebihan

kelebihan dari iklan ini memungkinkan produk/jasa yang dipromosikan atau diiklankan akan banyak dikunjungi oleh konsumen yang akan bergabung, melihat banyaknya pengguna twitter sehingga sangat meyakinkan akan banyak pengguna dan lebih banyak mendapatkan calon konsumen.

Kekurangan

kekuranganya iklan ini banyak orang yang tidak tahu karena iklan yang muncul bentuknya kecil sehingga sedikit orang yang tahu. Dalam hitungan menit tweets iklan kita akan bergeser kebawah hingga tidak akan terlihat karena banyak tweets baru yang muncul. Kekurangan jenis iklan ini juga dibatasi oleh karakter dan huruf dalam penulisannya karena twitter membatasi 140 karakter, sehingga dibutuhkan kalimat pendek yang unik dan yang dianggap paling penting saja.

Contoh Twitter Advertising

6. In-Text Advertising

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.

Kelebihan:

Link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna.

Kekurangan:

sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan

7. Ad Network Optimization

Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild

Kelebihan:

Persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik. Dan mendapat efek positif terhadap persaingan iklan.

Kekurangan:

Perusahaan kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini, dan tidak semua level produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.

8. Rep Ad Agencies

Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion 

Kelebihan:

kelebihan iklan ini dapat Memudahkan perusahan dalam mempromosikan produk/jasa mereka dan dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.

Kekurangan:

Besarnya biaya pengeluaran iklan, karena iklan dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.

9. Social Advertising

Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo

Analisa

Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman.

Kelebihan

promosi lebih banyak melalui bentuk iklan ini karena digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Kekurangan

Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau blog lain agar memudahkan proses promosi.

10. Video Advertising

Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video. 

Kelebihan:

Kelebihan dari iklan ini iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet karena isinya berbentuk audio visual dan gerakan-gerakan.

Kekurangan:

kekurangannya tidak banyak orang yang melihat iklan tersebut karena pengguan internet lebih fokus melihat video.

 11. RSS Advertising

Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising

Kelebihan:

Dapat menyesuaikan  penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.

Kekurangan:

tidak banyak dilihat oleh semua pengguna internet.

 12. Sponsorship

Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner

Analisa

Adanya jenis iklan sponsor ini bisa dilihat peluang dari pengelola situs web atau blog yang mempunyai trafik rank tinggi sehingga sangat diminati oleh para pembisnis yaitu orang yang ingin mempromosikan iklan produknya di situs tersebut karena melihat banyak pengungjung yang dating ke situs tersebut. Orang yang mengiklankan disebut sponsor yang mendonasikan uangnya kepada orang yang mempunyai situs website tadi.

Kelebihan

kelebiahannya sasaran pasarnya lebih banyak dan Lebih efektif, cara yang merupakan tidak terlalu berat dan efisiensi dari waktu.

Kekurangan

biayanya lebih cukup besar, pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian para pengunjung.

Contoh Iklan Sponsorship

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s